Perbedaan Bakmi dan Pasta

Bahan dasar sama, tapi kok beda ya!

Bakmi dan pasta merupakan dua jenis makanan yang sering dibandingkan karena keduanya terbuat dari tepung terigu dan digunakan dalam berbagai masakan. Namun, meskipun keduanya memiliki kesamaan dalam bahan dasar, terdapat beberapa perbedaan bakmi dan pasta yang cukup signifikan.

Perbedaan Bakmi dan Pasta pada Cara Pembuatannya

Perbedaan bakmi dan pasta yang utama terletak pada cara pembuatannya. Bakmi dibuat dengan mencampur tepung terigu dengan air dan diolah dengan cara digulung dan dipotong-potong.

Proses ini membuat bakmi memiliki tekstur yang lebih kenyal dan keras dibandingkan dengan pasta.

perbedaan bakmi dan pasta pada cara pembuatannya

Sedangkan pasta dibuat dengan mencampur tepung terigu dengan telur dan diolah dengan cara digiling dan dibentuk sesuai dengan jenis pastanya. Proses ini membuat pasta memiliki tekstur yang lebih lembut dan empuk. Hal ini disebabkan oleh perbedaan dalam cara pembuatan dan bahan-bahan yang digunakan.

Perbedaan Bakmi dan Pasta pada Jenis & Bentuknya

Perbedaan lain antara bakmi dan pasta terletak pada Variasi jenis dan bentuknya. Bakmi memiliki banyak variasi, seperti bakmi Jawa, bakmi Canton, bakmi ramen, dan bakmi lainnya yang memiliki citarasa dan tekstur yang berbeda-beda. Sedangkan pasta memiliki jenis yang lebih terbatas seperti spaghetti, fettuccine, penne, dan lainnya.

Cara Penyajian

Perbedaan bakmi dan pasta juga terletak pada cara penyajian dan kombinasi bahan yang digunakan.

Bakmi sering dihidangkan dengan kuah daging atau ayam serta sayuran seperti bok choy dan jamur. Ini menjadikan bakmi lebih cocok dihidangkan sebagai makanan utama.

Sedangkan pasta biasanya dihidangkan dengan saus tomat, saus cream, atau saus lainnya dan ditambah dengan daging, seafood, atau sayuran. Penyajian pasta lebih cocok dihidangkan sebagai makanan pendamping.

Asal Negara Bakmi dan Pasta

Negara asal juga menjadi perbedaan bakmi dan pasta. Bakmi lebih populer di Asia, terutama di Indonesia, China, dan Jepang. Sedangkan pasta lebih populer di Italia dan negara-negara Eropa. Hal ini menjadikan bakmi dan pasta memiliki citarasa yang berbeda-beda sesuai dengan asal negaranya.

asal negara juga menjadi perbedaan bakmi dan pasta

Secara keseluruhan, perbedaan bakmi dan pasta cukup signifikan dalam cara pembuatan, tekstur, variasi jenis, penyajian, dan asal negara. Namun, kedua makanan ini sama-sama populer dan digemari oleh banyak orang di seluruh dunia. Keduanya juga memiliki kelebihan masing-masing, seperti bakmi yang lebih cocok dihidangkan sebagai makanan utama dan pasta yang lebih cocok dihidangkan sebagai makanan pendamping.

Selain itu, bakmi dan pasta juga dapat diolah menjadi berbagai jenis masakan yang lezat dan menyegarkan. Misalnya, bakmi dapat diolah menjadi bakmi goreng, bakmi ayam, atau bakmi seafood. Sedangkan pasta dapat diolah menjadi spaghetti bolognaise, fettuccine alfredo, atau penne arrabiata.

Kedua jenis makanan ini juga dapat digunakan sebagai makanan diet, karena keduanya memiliki kandungan karbohidrat yang cukup tinggi. Namun, dalam mengonsumsi bakmi dan pasta, perlu diperhatikan juga kandungan lemak dan kalori yang terkandung di dalamnya. Sehingga dapat dikonsumsi dalam jumlah yang sesuai dengan kebutuhan tubuh.

Bakmi dan Pasta Masa Kini

Yang seru adalah baik pasta maupun bakmi sudah tersedia dalam kemasan yang siap dimasak dan disajikan sesuai dengan selera. Namun untuk bakmi Jogja ya bakmi Sundoro yang satu satunya bakmi Jogja dalam kemasan dengan kandungan low carb, sugar free, non MSG, tanpa pengawet, dan tanpa pewarna sintetis.

Jadi buat Ndoro yang ingin mulai hidup sehat, salah satu caranya adalah beralih ke makanan sehat, dan kandungan Bakmi Sundoro menawarkan hal tersebut. Selain itu tentunya kita perlu membarenginya dengan olah raga yang rutin, tidak perlu dimulai dengan olah raga yang berat, berawal dari jalan kaki setiap pagi atau sore dengan rutin sudah sangat bisa mendatangkan perubahan yang baik dan sehat untuk tubuh kita.

Jika makanan dan olah raga sudah terjaga, pastikan pola hidup kita juga sejalan. Hindari mengkonsumsi alkohol, merokok, dan begadang, karena hal tersebut pengundang radikal bebas, yang tidak baik untuk tubuh Ndoro.

Dari cerita teman teman Mindo yang mulai beralih ke gaya hidup sehat, mereka mengatakan bahwa awalnya saja yang berat, tubuh akan dengan cepat beradaptasi, dan jika sudah terbiasa hasilnya adalah dalam 1-2 minggu tubuh kita terasa ringan dan pernafasan sangat melegakan.

Dari ulasan di atas bisa diambil kesimpulan bahwa walupun perbedaan bakmi dan pasta cukup signifikan, akan tetapi keduanya sama-sama bisa menjadi pilihan yang baik untuk menikmati makanan yang lezat dan sehat. Semoga ulasan ini bermanfaat!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Keranjang Belanja