Cara Membuat Bumbu Khas Bakmi Jawa yang Autentik

Bumbu khas bakmi jawa merupakan penentu kelezatan rasa pada masakan bakmi jawa. Keautentikan citarasa dari bakmi jawa ternyata berasal dari bumbunya. Jika bisa membuatnya, maka mudah bagi Anda untuk bisa membuat bakmi jawa dengan rasa autentik dan khas.

Bakmi Jawa adalah salah satu kuliner khas dari Pulau Jawa, Indonesia yang berupa mie rebus atau goreng yang dimasak dengan bumbu-bumbu khas masakan Jawa1. Bakmi Jawa berasal dari adaptasi masyarakat Jawa terhadap bakmi yang dipopulerkan oleh pedagang Tiongkok.

Bakmi Jawa memiliki rasa gurih dan lezat karena penggunaan bumbu rempah seperti bawang putih, bawang merah, garam, merica, gula pasir, kaldu bubuk, kecap manis dan kecap asin.

cara membuat bumbu khas bakmi jawa

Bakmi Jawa juga biasanya disajikan dengan daging ayam atau sapi dan pelengkap seperti acar timun cabe rawit segar dan kerupuk kanji atau kerupuk udang. Bakmi Jawa merupakan makanan yang mengenyangkan dan menghangatkan sehingga cocok untuk disantap di kala dingin.

Dalam artikel ini kita akan membahas cara membuat bumbu khas bakmi jawa yang autentik. Kita akan membagi pembahasan menjadi dua bagian yaitu cara membuat bumbu bakmi Jawa rebus dan cara membuat bumbu bakmi Jawa goreng. Kita juga akan memberikan tips dan saran untuk membuat bakmi Jawa lebih enak dan nikmat. Selamat membaca! 😊

Cara Membuat Bumbu Khas untuk Bakmi Jawa

Jika Anda tahu cara membuat bumbu khas bakmi jawa yang autentik, maka membuat bakmi Jawa di rumah sebenarnya tidak sulit, karena bumbu khas ini akan menentukan rasa dan aroma dari bakmi Jawa yang Anda buat.

Oleh karena itu, pada bagian ini, kami akan memberikan panduan lengkap tentang cara membuat bumbu khas bakmi jawa yang autentik, baik untuk bakmi rebus maupun goreng. Simak penjelasan berikut ini dengan baik agar Anda bisa mengikuti langkah-langkahnya dengan mudah.

1. Bahan dan cara membuat bumbu bakmi Jawa rebus

Bakmi Jawa rebus adalah salah satu jenis bakmi Jawa yang disajikan dengan kuah yang hangat dan gurih. Kuah bakmi Jawa rebus biasanya menggunakan air yang dicampur dengan minyak goreng dan daun salam sebagai bahan dasarnya. Selain itu, kuah bakmi Jawa rebus juga ditambahkan dengan bumbu khas yang terbuat dari bawang putih, kecap manis, kecap asin, gula pasir, garam, merica bubuk dan kaldu bubuk yang dihaluskan dan ditumis hingga harum. Bumbu khas ini akan memberikan rasa gurih dan lezat pada kuah bakmi Jawa rebus.

Untuk membuat bumbu khas bakmi jawa rebus yang autentik, Anda perlu menyiapkan beberapa bahan-bahan seperti berikut ini:

  • 5 siung bawang putih
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1/4 sendok teh merica bubuk
  • 1/4 sendok teh gula pasir
  • 1/4 sendok teh kaldu bubuk
  • 100 ml air
  • 3 sendok makan kecap manis
  • 2 sendok makan kecap asin
  • Minyak goreng secukupnya
  • 5 butir bawang merah

bahan untuk membuat bumbu khas bakmi jawa

Setelah menyiapkan bahan-bahan tersebut, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini untuk membuat bumbu khas bakmi jawa rebus yang autentik:

  1. Kupas dan cuci bersih bawang putih lalu haluskan bersama dengan garam, merica, gula pasir dan kaldu bubuk menggunakan cobek atau blender. Sisihkan bumbu halus ini untuk digunakan nanti.
  2. Campurkan air dengan kecap manis dan kecap asin dalam sebuah mangkuk. Aduk rata hingga tercampur sempurna lalu sisihkan air kecap ini untuk digunakan nanti.
  3. Panaskan sedikit minyak goreng dalam sebuah wajan di atas api sedang. Tumis bawang merah yang sudah diiris tipis-tipis hingga harum dan layu. Masukkan bumbu halus yang sudah disiapkan sebelumnya lalu aduk rata hingga matang dan mengeluarkan aroma. Tuangkan air kecap yang sudah disiapkan sebelumnya lalu aduk kembali hingga tercampur rata. Koreksi rasa jika perlu lalu matikan api.

Dengan demikian Anda telah berhasil membuat bumbu khas bakmi jawa rebus yang autentik. Bumbu ini bisa Anda simpan dalam wadah tertutup di dalam kulkas jika tidak langsung digunakan.

Membuat Bakmi Jawa Rebus Menggunakan Bumbu Khas untuk Bakmi Jawa Rebus yang Autentik ini

Untuk membuat bakmi jawa rebus yang lezat dan nikmat, Anda perlu menyiapkan beberapa bahan-bahan seperti berikut ini:

  • 500 gram mie lidi atau mie kluntung
  • 250 gram daging ayam atau sapi
  • 2 liter air
  • 2 lembar daun salam
  • 3 sendok makan minyak goreng
  • Bumbu khas untuk bakmi jawa rebus yang sudah dibuat sebelumnya
  • Acar timun cabe rawit segar sebagai pelengkap
  • Kerupuk kanji atau kerupuk udang sebagai pelengkap

bakmi jawa rebus yang dibuat dengan bumbu khas bakmi jawa

Setelah menyiapkan bahan-bahan tersebut, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini untuk membuat bakmi jawa rebus yang lezat dan nikmat:

  1. Rebus daging ayam atau sapi dalam air hingga empuk. Angkat dan potong-potong kecil. Sisihkan air rebusan daging untuk digunakan nanti sebagai kuah.
  2. Rebus mie lidi atau mie kluntung dalam air mendidih hingga matang. Angkat dan tiriskan. Sisihkan mie untuk digunakan nanti.
    Gunakan panci besar dan api sedang untuk memanaskan minyak goreng. Masukkan daun salam lalu tumis hingga harum. Tuangkan air rebusan daging yang sudah disiapkan sebelumnya lalu didihkan kembali. Masukkan bumbu khas bakmi jawa rebus yang sudah dibuat sebelumnya lalu aduk rata hingga tercampur rata. Koreksi rasa jika perlu lalu biarkan mendidih di atas api kecil.
  3. Siapkan mangkuk saji lalu masukkan mie yang sudah direbus sebelumnya ke dalam mangkuk. Tambahkan potongan daging ayam atau sapi di atas mie. Siram dengan kuah panas secukupnya. Taburi dengan bawang goreng jika suka.
  4. Sajikan bakmi jawa rebus dengan acar timun cabe rawit segar dan kerupuk kanji atau kerupuk udang sebagai pelengkap.

Dengan demikian Anda telah berhasil membuat bakmi jawa rebus yang lezat dan nikmat menggunakan bumbu khas bakmi jawa rebus yang autentik. Bakmi jawa rebus ini cocok disantap saat sarapan pagi atau makan siang bersama keluarga tercinta 😊

2. cara membuat bumbu bakmi Jawa goreng

Bakmi Jawa goreng adalah salah satu masakan khas Jawa yang terbuat dari mie kuning yang digoreng dengan bumbu-bumbu sederhana dan sayuran. Bumbu bakmi Jawa goreng sangat menentukan rasa dan kelezatan dari masakan ini. Berikut adalah cara membuat bumbu bakmi Jawa goreng yang pasti rasanya mantap sekali.

Siapkan bahan-bahan bumbu bakmi Jawa goreng yang autentik sebagai berikut:

  • 5 siung Bawang putih
  • 5 siung Bawang merah
  • 4 sendok makan Kecap manis
  • 2 sendok makan Kecap asin
  • 1/2 sendok teh Garam
  • Merica: 1/4 sendok teh
  • Gula pasir: 1/2 sendok teh
  • Kaldu bubuk: 1/4 sendok teh

bakmi goreng jawa yang dibuat dengan bumbu khas bakmi jawa

Setelah menyiapkan bahan-bahan di atas, selanjutnya proses membuat bumbu bakmi jawa goreng yang autentik, yang sekaligus dilanjutkan membuat masakan bakmi jawa goreng menggunakan bumbu tersebut. Berikut langkah-langkahnya.

a. Haluskan terlebih dahulu bawang putih, garam, merica, gula pasir dan kaldu bubuk

Bawang putih adalah salah satu bahan dasar untuk membuat bumbu bakmi Jawa goreng. Bawang putih memiliki rasa pedas dan harum yang dapat memberikan aroma khas pada masakan.

Garam adalah bahan penambah rasa yang dapat mengatur keseimbangan rasa pada masakan. Garam juga berfungsi sebagai pengawet alami.

Merica adalah salah satu rempah-rempah yang sering digunakan dalam masakan Indonesia. Merica memiliki rasa pedas dan hangat yang dapat meningkatkan selera makan.

Gula pasir adalah bahan pemanis alami yang dapat memberikan rasa manis pada masakan. Gula pasir juga dapat membantu mengkaramelisasi bahan-bahan lain saat dimasak.

Kaldu bubuk adalah bahan penyedap rasa yang terbuat dari ekstrak daging atau sayuran. Kaldu bubuk dapat memberikan rasa gurih dan lezat pada masakan.

Cara menghaluskan bawang putih, garam, merica, gula pasir dan kaldu bubuk adalah dengan menggunakan blender atau cobek dan ulekan. Haluskan semua bahan hingga tercampur rata.

b. Mencampur air dengan kecap manis dan kecap asin

Air adalah cairan penting untuk memasak bakmi Jawa goreng. Air berfungsi sebagai media untuk merebus mie kuning sebelum digoreng.

Kecap manis adalah saus khas Indonesia yang terbuat dari kedelai hitam yang difermentasi dengan gula tebu atau aren. Kecap manis memiliki rasa manis, asin, dan sedikit pahit yang dapat memberikan warna cokelat gelap pada masakan.

Kecap asin adalah saus khas Asia Timur yang terbuat dari kedelai kuning atau hitam yang difermentasi dengan garam laut atau mineral. Kecap asin memiliki rasa asin, sedikit manis, dan gurih yang dapat memberikan cita rasa umami pada masakan.

Cara mencampur air dengan kecap manis dan kecap asin adalah dengan menggunakan mangkuk atau gelas ukur. Campurkan air dengan kecap manis dan kecap asin sesuai selera Anda. Aduk hingga tercampur rata.

c. Menumis bawang merah hingga harum lalu menambahkan daging ayam atau sapi yang sudah dipotong-potong kecil

Bawang merah digunakan sebagai salah satu bahan dasar untuk membuat bumbu bakmi Jawa goreng. Bawang merah memiliki rasa pedas dan harum yang dapat memberikan aroma khas pada masakan.

Daging ayam atau sapi adalah salah satu bahan utama untuk membuat bakmi Jawa goreng. Daging ayam atau sapi memiliki rasa gurih dan lembut yang dapat memberikan tekstur pada masakan.

Cara menumis bawang merah hingga harum lalu menambahkan daging ayam atau sapi yang sudah dipotong-potong kecil adalah dengan menggunakan wajan besar. Panaskan minyak di atas api sedang kemudian masukkan bawang merah yang sudah diiris tipis. Tumis hingga layu dan berwarna kuning keemasan (sekitar 5 menit). Masukkan daging ayam atau sapi yang sudah dibersihkan dan dipotong-potong kecil. Tumis hingga berubah warna dan matang (sekitar 10 menit).

d. Menambahkan mie yang sudah direbus lalu menambahkan bumbu halus dan air kecap sambil diaduk rata

Mie kuning adalah salah satu bahan utama untuk membuat bakmi Jawa goreng. Mie kuning adalah jenis mie basah yang terbuat dari tepung terigu, telur, air, dan garam. Mie kuning memiliki rasa gurih dan kenyal yang cocok untuk digoreng.

Bumbu halus adalah campuran dari bawang putih, garam, merica, gula pasir dan kaldu bubuk yang sudah dihaluskan sebelumnya.

Air kecap adalah campuran dari air dengan kecap manis dan kecap asin yang sudah dicampur sebelumnya.

Cara menambahkan mie yang sudah direbus lalu menambahkan bumbu halus dan air kecap sambil diaduk rata adalah dengan menggunakan wajan besar. Masukkan mie kuning yang sudah direbus al dente (sekitar 3 menit) ke dalam wajan bersama tumisan bawang merah dan daging. Aduk rata dengan api besar. Tambahkan bumbu halus kemudian aduk lagi hingga tercampur rata dengan mie. Tuangkan air kecap kemudian aduk lagi hingga mie berwarna cokelat gelap (sekitar 5 menit). Koreksi rasa sesuai selera Anda.

Dengan demikian, Anda sudah berhasil membuat bumbu khas bakmi jawa goreng yang autentik sekaligus masakan bakmi jawa gorengnya yang siap disantap!

Tips untuk membuat bakmi Jawa lebih enak dan nikmat

Setelah membaca artikel ini, Anda tentu sudah tahu bagaimana cara membuat bumbu khas bakmi jawa yang autentik. Namun, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk membuat bakmi Jawa lebih enak dan nikmat. Salah satunya adalah menggunakan mie lidi atau mie kluntung yang memiliki tekstur kenyal dan mulur. Mie jenis ini cocok untuk diolah menjadi bakmi Jawa rebus maupun goreng karena tidak mudah hancur atau lembek saat direbus atau digoreng. Anda bisa membeli mie lidi atau mie kluntung di pasar tradisional atau toko-toko khusus mie.

Selain itu, Anda juga bisa menambahkan variasi pelengkap yang akan membuat bakmi Jawa lebih segar dan gurih. Beberapa pelengkap yang biasa disajikan bersama dengan bakmi Jawa adalah acar timun cabe rawit segar, kerupuk kanji atau kerupuk udang. Acar timun cabe rawit segar akan memberikan rasa asam dan pedas yang menyegarkan lidah saat menyantap bakmi Jawa. Kerupuk kanji atau kerupuk udang akan memberikan rasa renyah dan gurih yang melengkapi tekstur kenyal dari mie.

Anda bisa membuat sendiri acar timun cabe rawit segar dengan mencampurkan timun iris tipis, cabe rawit iris tipis, cuka putih, garam dan gula pasir dalam sebuah toples lalu diamkan selama beberapa jam di dalam kulkas. Anda juga bisa membeli kerupuk kanji atau kerupuk udang di pasar tradisional atau toko-toko khusus kerupuk.

Terakhir, saran kami untuk menyajikan bakmi Jawa adalah menyajikannya dalam keadaan hangat agar lebih nikmat. Bakmi Jawa hangat akan memberikan sensasi menghangatkan tubuh dan perut saat disantap terutama di kala dingin. Bakmi Jawa hangat juga akan membuat bumbu-bumbu meresap lebih baik ke dalam mie sehingga rasa gurih dan lezatnya semakin terasa. Anda bisa memanaskan kembali bakmi Jawa sebelum disajikan dengan cara merebusnya sebentar dalam kuah panas (untuk bakmi rebus) atau menggorengnya sebentar dalam wajan panas (untuk bakmi goreng).

Tips Paling Praktis untuk Mendapatkan Bumbu Khas Bakmi Jawa yang Autentik

Bagi Anda yang masih kesulitan untuk membuat bumbu khas bakmi jawa yang autentik, kami memiliki tips paling praktis untuk mendapatkannya. Dengan melakukan tips ini anda akan mendapatkan kemudahan:

  1. Tidak perlu menyiapkan bahan
  2. Tidak perlu memasak bahan-bahannya
  3. Bisa segera memasak atau membuat bakmi jawa goreng atau pun rebus dengan citarasa khas jogja.

Nah, untuk bisa segera mendapatkan bumbu khas bakmi jawa yang autentik, Anda bisa menggunakan Bumbu Praktis Sundoro. Bumbu ini merupakan bumbunya semua masakan, karena bisa digunakan untuk membuat:

  • Bakmi jawa goreng
  • Bakmi jawa rebus
  • Magelangan
  • Nasi goreng
  • Bihun rebus
  • Bihun goreng
  • dan lain-lain

Cara menggunakan bumbu praktis Sundoro untuk bakmi rebus atau bakmi goreng pun sangat mudah, cukup tumis saja terlebih dahulu bumbunya kemudian masukkan beberapa bahan sesuai selera.

bumbu praktis sundoro bumbunya semua masakan bisa digunakan sebagai bumbu khas bakmi jawa

Jadi dengan Bumbu praktis Sundoro memiliki citarasa khas Jogja, Anda tidak perlu menyiapkan dan memasak bahan-bahan untuk bumbu bakmi jawa, cukup dengan Bumbu Praktis Sundoro Anda sudah siap memasak dan menyantap bakmi jawa dengan citarasa yang autentik khas Yogyakarta.

Demikianlah artikel ini tentang cara membuat bumbu khas bakmi jawa yang autentik. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang ingin mencoba membuat sendiri kuliner khas dari Pulau Jawa ini di rumah. Selamat mencoba dan selamat menikmati! 😊

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Keranjang Belanja