Bakmi Jawa dan Bakmi Goreng: Apa Saja Perbedaan dan Persamaannya?

Bakmi Jawa dan bakmi goreng adalah dua jenis sajian mie yang populer di Indonesia. Keduanya memiliki ciri khas tersendiri yang membuatnya disukai oleh banyak orang.

Bakmi Jawa adalah bakmi rebus yang dimasak dengan bumbu khas masakan Jawa, seperti kecap manis, gula merah, bawang putih, merica, dan garam. Bakmi Jawa biasanya disajikan dengan kuah kaldu ayam atau sapi yang gurih dan sedikit manis. Bakmi Jawa juga dilengkapi dengan daging ayam atau sapi, telur rebus atau orak-arik, sayuran seperti kol dan taoge, serta bawang goreng sebagai taburan. Ada juga variasi bakmi Jawa yang disebut bakmi nyemek atau bakmi godog yang tidak berkuah atau sedikit berkuah, serta magelangan yang merupakan campuran nasi goreng dan bakmi.

bakmi jawa hidangan mie khas indonesia khususnya jawa

Bakmi goreng adalah bakmi yang digoreng dengan minyak panas di atas wajan besar. Bakmi goreng biasanya menggunakan mie kuning tebal yang kenyal dan lembut. Bumbu-bumbu yang digunakan untuk menggoreng bakmi antara lain kecap asin, kecap manis, saus tiram, bawang putih, merica, garam, dan kaldu bubuk. Bakmi goreng juga ditambahkan dengan daging ayam atau sapi, jamur kuping atau jamur tiram, telur orak-arik, sayuran seperti wortel dan sawi hijau. Bakmi goreng sering disajikan dengan acar timun dan cabe rawit segar sebagai pelengkap rasa pedasnya.

bakmi goreng

Bakmi Jawa dan bakmi goreng memiliki sejarah dan asal-usul yang berbeda. Bakmi Jawa berasal dari Pulau Jawa dan dipengaruhi oleh masakan Tionghoa-Jawa. Bakmi Jawa pertama kali diperkenalkan oleh pedagang-pedagang Tionghoa di daerah Pecinan Yogyakarta pada abad ke-1912. Bakmi Jawa kemudian menyebar ke daerah-daerah lain di Pulau Jawa seperti Solo, Semarang, Surabaya hingga Jakarta. Bakmi Jawa juga dikenal dengan sebutan mee rebus di luar negeri seperti Malaysia dan Singapura karena cara memasaknya yang direbus.

Bakmi goreng berasal dari Tiongkok dan dibawa oleh imigran-imigran Tionghoa ke Indonesia pada abad ke-202. Bakmi goreng merupakan adaptasi dari mie chow (mie goreng) dari Tiongkok Selatan yang menggunakan mie tipis kering sebagai bahan utamanya. Di Indonesia, mie chow diganti dengan mie kuning tebal basah agar lebih mudah digoreng dan lebih kenyal teksturnya. Bumbu-bumbu untuk menggoreng mie juga disesuaikan dengan selera lokal seperti penambahan kecap manis untuk memberi rasa manis-gurih khas Indonesia.

Perbedaan Bakmi Jawa dan Bakmi Goreng

Bakmi Jawa dan bakmi goreng memiliki perbedaan bahan-bahan yang digunakan untuk membuatnya. Bakmi Jawa menggunakan mie kuning basah yang lebih tipis dan lembut, sedangkan bakmi goreng menggunakan mie kuning kering yang lebih tebal dan kenyal. Bumbu-bumbu yang digunakan untuk bakmi Jawa meliputi bawang putih, lada, garam, kemiri, kecap manis, gula merah, sedangkan bumbu-bumbu yang digunakan untuk bakmi goreng meliputi bawang putih, kecap asin, kecap manis, saus tiram, saus tomat, gula, garam, merica, kaldu bubuk.

Sayuran yang ditambahkan pada bakmi Jawa biasanya kol dan taoge, sedangkan sayuran yang ditambahkan pada bakmi goreng biasanya wortel dan sawi hijau. Daging yang digunakan untuk bakmi Jawa bisa ayam atau sapi, sedangkan daging yang digunakan untuk bakmi goreng biasanya ayam saja. Telur yang digunakan untuk bakmi jawa bisa rebus atau orak-arik, sedangkan telur yang digunakan untuk bakmi goreng biasanya orak-arik saja.

Bakmi Jawa dan bakmi goreng juga memiliki perbedaan cara memasak dan penyajian. Bakmi jawa dimasak dengan cara direbus dalam air kaldu ayam atau sapi hingga matang dan empuk1, sedangkan bakmi goreng dimasak dengan cara digoreng dalam minyak panas di atas wajan besar hingga matang dan berwarna kecoklatan. Bakmi jawa disajikan dengan kuah kaldu ayam atau sapi yang gurih dan sedikit manis di dalam mangkuk besar, sedangkan bakmi goreng disajikan tanpa kuah atau kering di atas piring datar.

Bakmi jawa dilengkapi dengan daging ayam atau sapi, telur rebus atau orak-arik,sayuran seperti kol dan taoge,bawang goreng sebagai taburan,dan sambal sebagai pelengkap rasa pedasnya, sedangkan bakmi goreng dilengkapi dengan daging ayam, telur orak-arik, sayuran seperti wortel dan sawi hijau, dan acar timun can cabe rawit segar sebagai pelengkap rasa asamnya.

Bakmi jawa dan bakmi goreng memiliki perbedaan rasa dan tekstur. Bakmi jawa memiliki rasa gurih-manis dari bumbu tumis khas masakan Jawa dan kuah kaldu ayam atau sapi. Teksturnya lembut dan empuk dari mie kuning basah yang direbus. Untuk bakmi goreng, hasil rasa gurih-asin berasal dari bumbu goreng khas masakan Tionghoa yang disesuaikan dengan selera lokal. Teksturnya kenyal dan reneyek dari mie kuning kering yang digoreng.

Persamaan Bakmi Jawa dan Bakmi Goreng

Bakmi Jawa dan bakmi goreng memiliki persamaan bahan-bahan yang digunakan untuk membuatnya. Keduanya menggunakan mie kuning sebagai bahan utama, baik yang basah maupun yang kering. Selain itu, keduanya juga bisa menggunakan mie lidi atau mie hokkian sebagai alternatif. Mie lidi adalah jenis mie kuning yang lebih tipis dan keras sebelum dimasak.

Bakmi Jawa dan bakmi goreng memiliki persamaan cara memasak dan penyajian yang menggunakan api besar dan wajan besar. Keduanya dimasak dengan cara menumis bumbu-bumbu di atas wajan besar dengan api besar hingga harum dan matang. Kemudian, keduanya ditambahkan dengan mie kuning yang sudah direndam atau direbus terlebih dahulu. Setelah itu, keduanya diaduk rata dengan bumbu-bumbu hingga meresap ke dalam mie.

Bakmi Jawa dan bakmi goreng memiliki persamaan rasa dan tekstur yang khas dari masakan Jawa. Keduanya memiliki rasa gurih dari bumbu-bumbu seperti kecap manis, gula merah, garam, merica, kaldu bubuk. Keduanya juga memiliki tekstur kenyal dari mie kuning yang digunakan sebagai bahan utamanya. Keduanya juga memiliki cita rasa lokal dari daging ayam atau sapi, telur rebus atau orak-arik, sayuran seperti kol, taoge, wortel, sawi hijau, dan acar timun can cabe rawit segar sebagai pelengkapnya.

Tips untuk Mencoba atau Memilih Antara Bakmi Jawa atau Bakmi Goreng Sesuai Selera Masing-masing

Berikut adalah beberapa saran atau tips untuk mencoba atau memilih antara bakmi Jawa atau bakmi goreng sesuai selera masing-masing:

  1. Jika Anda suka mie yang lembut dan empuk dengan kuah yang gurih dan manis, Anda bisa mencoba bakmi Jawa rebus. Anda bisa menambahkan sambal untuk memberikan rasa pedas yang menyengat.
  2. Jika Anda suka mie yang kenyal dan renyek dengan bumbu yang gurih dan asin, Anda bisa mencoba bakmi goreng. Anda bisa menambahkan acar timun can cabe rawit segar untuk memberikan rasa asam yang menyegarkan.
  3. Jika Anda suka mie yang tipis dan keras sebelum dimasak, Anda bisa mencoba bakmi lidi. Bakmi lidi bisa diolah menjadi bakmi Jawa atau bakmi goreng sesuai dengan bumbu dan cara memasaknya.
  4. Jika Anda suka mie yang tebal dan lunak sebelum dimasak, Anda bisa mencoba mie hokkian. Mie hokkian juga bisa diolah menjadi bakmi Jawa atau bakmi goreng sesuai dengan bumbu dan cara memasaknya.
  5. Jika Anda ingin mencicipi kedua jenis bakmi tersebut dalam satu porsi, Anda bisa mencampurkan mie kuning basah dan kering dalam satu wajan besar. Kemudian, tambahkan bumbu-bumbu dari kedua jenis bakmi tersebut secara merata. Hasilnya adalah bakmi campur yang memiliki rasa dan tekstur yang unik dan beragam.

Bakmi Jawa dan Bakmi Goreng dengan Citarasa Khas Bakmi Jogja yang Bisa Dinikmati Kapan Saja dan Dimana Saja

Bagi pecinta kuliner bakmi, tentu saja bisa menikmati kelezatan bakmi jawa dan bakmi goreng dengan citarasa khas bakmi Jogja kapan saja dan dimana saja tanpa harus pergi ke Jogja atau harus antri di warung, menjadi sebuah hal yang sangat diinginkan, dinantikan dan diidam-idamkan.

Bayangkan saja, bisa makan bakmi jogja di rumah, di kantor, atau bahkan saat camping digunung, tentu sangat menyenangkan.

Dengan Bakmi Sundoro semua hal tersebut bisa terwujud. Bakmi Sundoro adalah produk bakmi jogja dalam kemasan yang gampang masaknya, siapa saja bisa. Ada 2 varian produk dari Bakmi Sundoro yang bisa Anda dapatkan, yaitu bakmi rebus dan bakmi goreng khas bakmi jawa bercitarasa autentik bakmi jogja. Bakmi Sundoro juga sehat dan cocok untuk diet karena rendah kalori, rendah lemak, rendah minyak, dan rendah karbohidrat.

bakmi jawa dan bakmi goreng sundoro

Bakmi Sundoro sudah tersedia di beberapa toko dan minimarket di seluruh Indonesia atau bisa memesannya secara online melalui website kami www.SundoroIndonesia.com atau di marketplace seperti Blibli, Tokopedia, dan Shopee.

Anda bisa menikmati Bakmi Sundoro kapan saja Anda mau. Baik untuk sarapan pagi, makan siang di kantor, atau makan malam di rumah.

Seperti halnya memasak mie instan, Anda hanya perlu menyediakan air panas dan bumbu yang sudah disediakan di dalam kemasan. Cukup campurkan air panas dan bumbu dengan bakmi yang sudah dikeringkan. Tunggu beberapa menit dan Bakmi Sundoro siap disantap. Untuk lebih jelasnya berikut tutorial memasak Bakmi Sundoro.


Jadi mau menikmati bakmi jawa dan bakmi goreng sekarang menjadi sangat mudah dengan Bakmi Sundoro. So, tunggu apa lagi? Segera pesan Bakmi Sundoro sekarang juga melalui website ini! Atau di toko dan minimarket di dekat Anda.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Keranjang Belanja